ARTIKEL BELANJA

Bandung, Tujuan Wisata Favorit Turis Malaysia

Kamis, 22 September 2011 | Tag: Belanja, Rumah Mode, factory Outlet, Cibaduyut, Cihampelas, Kebun Seni, Pasar Baru, Malaysia
Bandung, Tujuan Wisata Favorit Turis Malaysia
ilustrasi

KapanLagi.com - Bandung memang luar biasa. Keindahan alam, kekayaan kuliner, bangunan tua yang masih terawat dan berkembangnya kesenian Bandung menjadi daya tarik tersendiri bagi Ibu Kota Jawa Barat ini. Kota Bandung telah menjadi tujuan wisata yang tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal tapi juga wisatawan asing seperti Malaysia. Selain menikmati wisata alam dan kuliner, salah satu agenda utama kunjungan mereka adalah belanja. Lalu, kemana saja tujuan belanja mereka?

Factory Outlet (FO)
Dengan predikat Kota Factory Outlet (FO), tidak lengkap jika berkunjung ke Bandung tanpa berbelanja di FO. Aneka barang sisa ekspor dengan merek ternama menjadi incaran para wisatawan. Sebenarnya barang-barang ini juga bisa dengan mudah ditemui di Malaysia, namun di Bandung, harganya jauh lebih murah.

Satu atau dua bis berisi wisatawan Malaysia menjadi pemandangan yang biasa di area parkiran beberapa FO besar di Bandung. FO yang sering dikunjungi wisatawan dari Malaysia antara lain Rumah Mode, Merdeka Arcade, dan The Oasis.

Cibaduyut dan Cihampelas
Dua tempat ini tidak lepas dari serbuan wisatawan. Cibaduyut, yang dikenal sebagai pasar penjualan sepatu terpanjang di dunia ini menawarkan sepatu hasil pengrajin setempat dalam berbagai macam model mulai dari model klasik hingga modern. Soal harga? tentu saja sangat bersaing.

Begitu juga dengan sentra jeans Cihampelas. Beberapa toko memiliki merek jeans sendiri dan ada juga yang mendatangkan jeans sisa ekspor. Yang menyenangkan adalah, walaupun jeans dijual di toko atau outlet besar, beberapa toko ternyata tidak menetapkan harga pas, sehingga pembeli bisa menawar hingga setengah harga.

Kebun Seni (Pasar Seni Tamansari) Bandung
Bisa dikatakan bahwa Kebun Seni adalah pusat seniman Bandung memasarkan karyanya. Berjarak tidak jauh dari Kebun Binatang Bandung dan Cihampelas, di sini para pembeli dapat berbelanja karya seni sambil melihat langsung proses pembuatannya. Karya seni yang dijual umumnya lukisan, karya pahatan dan payung lukis. Banyak pembeli yang mencari souvenir sebagai oleh-oleh atau digunakan untuk dekorasi rumah.

Pasar Baru
Pasar Baru Trade Center yang terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata ini juga menjadi tujuan utama wisatawan Malaysia. Produk yang banyak dicari adalah busana muslim, batik juga makanan ringan. Ada yang membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali di Malaysia.

Banyaknya pembeli dari Malaysia hingga beberapa penjual di Pasar Baru Trade Center ikut faseh bicara dalam dialek Malaysia. Banyak juga gerai yang menerima transaksi dengan mata uang Ringgit.

Foto: ayanaon.com


KOMENTAR