ARTIKEL HANG OUT

'Masjid Jin' Bergaya Persia di Turen, Malang

Senin, 6 September 2010 | Tag: Masjid Tiban Turen Malang, Masjid Jin Turen Malang, Pondok pesantren biharu
'Masjid Jin' Bergaya Persia di Turen, Malang
ilustrasi

KapanLagi.com - Wisata religi di Bulan Ramadhan menjadi salah satu aktifitas ibadah sekaligus rekreatif yang banyak digemari masyarakat. Warga Malang raya terutama yang berada di kota Turen misalnya, banyak yang menyempatkan singgah ke masjid megah yang konon dibangun secara 'diam-diam' dan ajaib oleh Jin. Wow.. benarkah demikian ?

Dimulai sekitar tahun 2009, koran-koran lokal di Malang heboh memberitakan tentang adanya masjid berarsitektur gabungan gaya Persia, Timur Tengah, dan Jawa yang 'tiba-tiba ada' di tengah perkampungan masyarakat menengah ke bawah.

Hal inilah yang banyak memunculkan opini bahwa Masjid Tiban ini dibangun dengan bantuan makhluk gaib. Sehingga tak ayal makin mengundang banyak orang untuk membuktikan rasa penasaran dengan berkunjung ke masjid di area pondok pesantren Biharu Bahri' Asali Fadlaailir Rahmah Jl. Anggur Rt 27/Rw 06 Sananrejo-Turen.

Sejatinya, seluruh tenaga dan pendanaan masjid ini dilakukan oleh santri pondok pesantren Biharu Bahri' Asali Fadlaailir Rahmah. Arsitektur bangunan yang mengagumkan dapat dilihat mulai pos depan masjid yang bergaya seperti candi hingga kompleks di dalam bangunan utama. Kubah-kubah bergaya India yang diukir tulisan Arab konon semua dikerjakan oleh santri pondok sendiri.

Masjid ini terdiri dari 9 lantai yang dapat ditelusuri menggunakan lift atau tangga. Ornamen-ornamen etnik dengan gaya Arab berlapis warna emas menghiasi dinding berbagai ruangan dan koridor. Di lantai dasar, Anda bisa membeli aneka cinderamata untuk oleh-oleh. Sedangkan di lantai teratas, Anda akan disuguhi pemandangan indah dari keseluruhan areal masjid.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang, Anda akan diberikan kartu masuk yang harus diserahkan ke bagian informasi. Proses ini hanya formalitas demi keamanan. Sedangkan tiket masuk tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Akses menuju lokasi sangat mudah untuk dijangkau dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 ataupun bus pariwisata. Namun, tampaknya tak banyak masyarakat luas yang tahu adanya wisata religi Masjid Tiban Turen ini. Padahal, dari segi gaya bangunan dan seni arsitekturnya nggak kalah dengan Masjid Taj Mahal lho! Jadi, rugi jika Anda tak membuktikan sendiri keindahannya. (kpl/dty) (Foto : Dari berbagai sumber)


KOMENTAR