ARTIKEL KULINER

Nasi Goreng, Menu Kaki Lima dengan Rasa Bintang Lima

Selasa, 29 September 2009 | Tag:
Nasi Goreng, Menu Kaki Lima dengan Rasa Bintang Lima
ilustrasi

KapanLagi.com - Meski Lebaran telah lewat, tapi "si Mbok" belum juga balik dari kampung. Saat pembantu masih mudik, urusan dapur sering jadi berantakan, terutama bagi kaum hawa yang tak mau repot menyiapkan makan untuk keluarga.

Nah, kenapa tidak mencoba jajanan kaki lima yang murah di kantong namun tetap mantap di lidah. Nasi goreng misalnya, selain rasanya yang gurih dan sedap, gizi dari sayuran yang dicampur didalam masakannya menambah nutrisi untuk tubuh kita.

Seperti juga ayam goreng, hampir setiap budaya di dunia mengenal berbagai versi nasi goreng. Di Italia (Eropa) menu ini dikenal dengan risotto, namun bedanya digoreng dengan minyak zaitun dan imbuhan bumbu lokal Eropa. Di Timur Tengah dan India, ada nasi briani dan nasi samin yang masih satu "saudara" dengan nasi goreng. Masyarakat di China lebih familiar dengan sebutan Nasi Szechuan untuk nasi goreng dengan rasanya yang pedas. Sedangkan di Jawa, terdapat nasi goreng jawa yang sedikit unik dengan taburan taoge dan irisan udangnya.

Nasi goreng bakar nan menggoda yang anti kolesterol bisa Anda jumpai di Nasi Goreng Bakar Mr. Puencheng, Jogja. Nasi yang telah digoreng kemudian dibakar untuk mendapatkan rasa bumbu yang meresap sempurna. Warung nasi goreng alternatif yang bisa Anda kunjungi saat mampir di kota Gudeg ini salah satunya adalah Nasi Goreng Bringharjo yang telah eksis sejak 1960-an.

Dari Jogja, kita meluncur ke Semarang, tak kalah nikmatnya telah menunggu Nasi Goreng Babat Bu Djaikem dan Nasi Goreng Babat Pak Keman di Alun-alun Ungaran, sambil menikmati nasi goreng kita bisa sekalian nongkrong menikmati suasana Alun-alun kota Ungaran. Lain halnya dengan Nasi Goreng Mas Dodo di Bandung, memakai api arang sebagai pembakar tungku, menjadikan bumbu nasi goreng buatannya dapat meresap dan beraroma harum yang khas.

Di Surabaya, ada yang namanya Kraton Nasi Goreng Jawa. Dengan bandrol Rp11.000-an, menawarkan cita rasa nasi goreng yang nikmat plus minumannya pula. Kota Solo juga bisa dibilang surga kuliner, tak terkecuali untuk urusan nasi goreng, ada warung Nasi Goreng Ijo Lezate di Jalan Hasanudin yang selalu ramai dikerubuti pembeli yang jajan di sore hari.

Warga Ibukota yang gemar mampir ke Sentra Makanan Malam di Taman Sunter Indah, pasti tau salah satu warung nasi goreng yang cukup digemari, yaitu Nasi Goreng Comal yang menyajikan aneka nasi goreng, dengan pelengkap daging ayam, daging kambing, babat bahkan pete dengan harga per porsi rata-rata Rp7.000 saja.

Banyak pilihan menu yang bisa Anda coba, dari mulai soto, bakso, ayam goreng, bakmi, sate hingga nasi goreng patut dijadikan alternatif menu agar tidak jenuh dengan masakan di rumah. Tunggu apalagi, kunjungi nasi goreng kaki lima yang rasanya bintang lima ini! (kl/dty)


KOMENTAR