ARTIKEL KULINER

Nikmatnya Menyantap Shabu-Shabu

Rabu, 30 November 2011 | Tag: Shabu-Shabu, Masakan Jepang
Nikmatnya Menyantap Shabu-Shabu
ilustrasi

KapanLagi.com - Makanan Jepang tampaknya begitu mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Menjamurnya penjual makanan Jepang mulai dari kaki lima hingga restoran mewah menandakan bahwa penggemar makanan Jepang juga digemari oleh berbagai kalangan. Selain sushi, okonomiyaki dan aneka katsu, satu lagi makanan yang banyak digemari yaitu shabu-shabu.

Shabu-shabu adalah masakan Jepang jenis Nabe, yaitu masakan yang dimasak dalam satu panci besar yang diletakkan di atas pemanas yang ada di atas meja makan. Seporsi shabu-shabu berisi sayuran, tahu, telur, irisan daging sapi, domba, ayam atau ikan. Shabu-shabu juga disajikan dengan saus wijen atau ponzu, campuran kecap asin dengan irisan daun bawang dan bawang putih. Agar semakin nikmat, setelah direbus, celupkan sayur ke dalam saus wijen sedangkan untuk dagingnya celupkan ke dalam ponzu, shabu-shabu pun siap untuk disantap. Masakan ini biasanya disajikan ketika musim dingin dan dinikmati beramai-ramai untuk dua orang atau lebih.

Tidak sabar ingin menikmati hangatnya shabu-shabu? Untungnya di Indonesia cukup banyak restoran yang menyediakan menu shabu-shabu. Masing-masing restoran juga memiliki ciri khasnya sendiri sehingga Anda punya lebih banyak pilihan untuk menyantap shabu-shabu. Beberapa resto shabu yang recommended antara lain:

Shabu Tei
Shabu Tei menyajikan kelezatan shabu-shabu asli Jepang dengan menu western. Pilihan daging yang tersedia antara lain wagyu, US Prime dan daging sapi Australia. Selain daging juga tersedia Shabu Tei Special Seafood yang berisi udang, cumi dan olahan ikan lainnya. Tidak hanya di Jakarta, Shabu Tei juga memiliki cabang di Bandung.

Chaesundang
Memadukan cita rasa Jepang dengan Korea, Chaesundang menambahkan kimchi dan Galbi meatball dalam satu set shabu-shabu yang disajikan. Jika ingin menikmati menu Korea lainnya, Anda bisa memilih menu Bulgogi yang bisa dinikmati untuk 2 atau 3 orang.

Shabu Auce
Berbeda dengan resto shabu lainnya, Shabu Auce hadir dengan konsep all you can eat. Memadukan cita rasa Jepang, Thailand dan Indonesia, Shabu Auce menyajikan shabu-shabu dengan pilihan kuah antara lain kuah tom yam. Pilihan dagingnya juga cukup lengkap mulai dari sapi, ayam, domba dan seafood.

Selain restoran di atas, Anda juga bisa menikmati shabu-shabu di tempat-tempat berikut ini:

Jakarta:
Shabu-Shabu House
Shabuya Restaurant
Shabu Nobu
Shabu Yobu
Wang-wang Shabu-Shabu House & Chinese Food
Nanaban Tei
Taka Suki

Bandung:
Hanamasa
Bandung Suki
Little Tokyo

Semarang
Shabu-Shabu House

Malang:
KL Suki

Surabaya:
Hanamasa

Foto: Facebook Chaesundang (cg/rth)


KOMENTAR