ARTIKEL WISATA

Pantai Glagah, Dari Laguna Hingga Motocross

Kamis, 12 Januari 2012 | Tag: Pantai Glagah
Pantai Glagah, Dari Laguna Hingga Motocross
ilustrasi

KapanLagi.com - Pantai Glagah berada di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta atau kurang lebih 40 kilometer di bagian barat Yogyakarta. Dari pusat kota atau sekitar 2 jam perjalanan darat menggunakan mobil pribadi dari pusat kota Yogyakarta.

Ada beberapa obyek wisata yang bisa menarik yang bisa dinikmati di sini. Pertama, Dermaga Wisata yang tidak jauh dari loket retribusi. Di Dermaga Wisata terdapat sebuah gardu pandang, tempat para pengunjung menikmati pemandangan indah kawasan Muara Sungai Serang - Pantai Glagah. Selain gardu pandang, di sini juga terdapat fasilitas mushola, kamar mandi dan taman. Dalam beberapa tahun ke depan, daerah ini rencananya akan dibangun menjadi pelabuhan.

Obyek wisata kedua adalah laguna yang berada sekitar 300 meter dari Dermaga Wisata. Laguna ini membagi kawasan pantai menjadi dua, yaitu lokasi yang masih ditumbuhi rumput dan tanaman pantai dengan area penuh gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan. Tempat ini paling sering dipenuhi dengan anak-anak yang mandi atau bermain air di pantai karena jauh dari ombak. Di laguna ini juga banyak pengunjung yang mendayung sampan kecil sambil menikmati pemandangan kebun buah naga yang berada di tepi pantai.

Pantai Glagah juga memiliki wisata air seperti memancing, perahu motor, sampan atau kano. Dengan harga sewa sekitar Rp 25.000 per jam, Anda bisa berkeliling pantai menggunakan kano. Di hari biasa hanya terdapat 5 sampai 10 kano, tapi di hari libur bisa mencapai 15 hingga 20 kano. Apalagi jika sedang diadakan festival layang-layang. Jika cuaca mendukung, Pantai Glagah juga sering digunakan untuk kejuaraan layang-layang tingkat nasional. Acara ini selain bertujuan mempopulerkan Pantai Glagah di kalangan warga lokal juga mengenalkan obyek wisata ini pada wisatawan internasional.

Selain wisata air dan layang-layang, kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di sini adalah motocross. Lahan luas berpasir yang berada di tepi pantai ini sering digunakan sebagai arena latihan dan kejuaraan motocross tingkat daerah. Sedangkan jalanan beraspal yang menghubungkan Pantai Glagah dengan pantai lainnya ini kadang juga dimanfaatkan sebagai arena sepeda pantai.

Di sekitar pantai juga banyak penginapan dengan harga murah meriah dan restoran dengan mayoritas menu seafood sebagai menu andalannya.

Foto: http://majalahwisata.web.id


KOMENTAR