ARTIKEL HANG OUT

Alun-alun Merdeka Jadi lebih Asyik!

Selasa, 17 Juni 2014 | Tag: alun-alun, taman kota, rekreasi
Alun-alun Merdeka Jadi lebih Asyik!
ilustrasi

KapanLagi.com - Taman cantik ini sering juga disebut sebagai alun-alun Jami' karena letaknya yang berada di depan masjid Jami' yang merupakan kebanggaan warga Malang. Tempat ini tak pernah terlihat sepi, selalu ada rombongan atau perorangan yang mengunjungi tempat ini. Suasananya yang adem serta nyaman seringkali membuat kita mengantuk dan santai. Rimbunnya pepohonan di tempat ini sering menjadi daya tarik bagi para pejalan kaki untuk mampir dan sejenak melepaskan penat di siang hari.

Banyak yang dapat kita nikmati di alun-alun ini. Tepat di tengah taman, terdapat air mancur dan kolam. Selain itu, terkadang kita dapat melihat atraksi topeng monyet di beberapa sudut taman. Sebuah komunitas musik Malang yang bernama Muni Sore juga terkadang berkumpul dan berlatih di tempat ini. Sehingga banyak hiburan yang dapat Anda saksikan di tengah waktu santai Anda di tempat ini. Tempat duduk yang rapi berjejer di dalam taman dapat Anda jadikan tempat istirahat di sela jalan-jalan Anda di taman ini. Terlebih lagi, terdapat puluhan burung merpati yang dipelihara di alun-alun kota ini, membuat kesan alaminya bertambah.

Pengunjung bersantai di dekat sekawanan merpati (c)idiotraveler.blogspot.comPengunjung bersantai di dekat sekawanan merpati (c)idiotraveler.blogspot.com



Pada 2006, pemerintah merenovasi alun-alun ini besar-besaran dan menjadikannnya tempat rekreasi yang semakin cantik. Baru-baru ini, Pemerintah kota bekerjasama dengan telkom dan menyulap tempat ini menjadi cyber park. Pengunjung pun lebih dimanjakan lagi dengan fasilitas hotspot WiFi yang bisa diakses di seluruh tempat pada taman ini. Hanya dengan membawa laptop atau perangkat berfitur wiFi, pengunjung dapat mengakses internet secara bebas. Tanpa dipungut biaya apapun. Pemerintah berharap dengan hadirnya fasilitas baru ini, warga Malang dapat mengakses informasi lebih banyak dari tempat ini, dan menjadi masyarakat yang informatif.

Hal yang perlu diperhatikan dari tempat ini adalah tingkat kebersihan yang masih kurang. Masyarakat yang datang ke tempat ini belum begitu memiliki kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya, padahal pemerintah telah menyediakan tempat-tempat pembuangan sampah.
Dengan segala pembaharuan yang telah dilakukan, mari kita berharap alun-alun Merdeka, yang merupakan lambang kota Malang ini menjadi lebih baik dan lebih bersih lagi.
(kpl/meg)


KOMENTAR