ARTIKEL HANG OUT

Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Wanita

Sabtu, 5 Juli 2014 | Tag: transportasi, perjalanan, kecelakaan, pengemudi, wanita
Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Wanita
(c)tsminteractive.com

KapanLagi.com - Sebagai wanita, seringkali Anda dipandang sebelah mata dalam mengemudikan kendaraan. Jika Anda melakukan kesalahan, banyak orang maklum karena Anda wanita dan biasanya akan berujar,"O... Cewek... Pantesan." Bahkan banyak teori yang menunjang argumen bahwa wanita lebih sering mengalami kecelakaan dibandingkan pria.

Biasanya hal yang banyak disangkut pautkan pada perbandingan jumlah kecelakaan wanita dan pria adalah segi fisik. Beberapa teori menyebutkan wanita seringkali dandan sambil mengemudi dan bertubuh lebih pendek. Jarak pandang yang lebih terbatas dari pria kemudian menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut adalah daftar penyebab tertinggi wanita mengalami kecelakaan lalu-lintas di jalan raya.

1. Berdandan dalam mobil
Seringkali wanita tergoda untuk mengecek make up mereka. Bahkan menggunakan lipstik pada saat kendaraan sedang melaju. Konsentrasi yang terpecah mengakibatkan seringnya wanita tidak siap pada sesuatu yang datang tiba-tiba. Jika Anda memang tidak sempat memulaskan lipstik favorit Anda di rumah, sebaiknya Anda menunggu hingga traffic light dengan durasi yang agak lama. Dalam waktu 30 detik saja Anda bisa memulaskan lipstik dan mengecek make up Anda bukan? Ini lebih aman dilakukan daripada Anda mempertaruhkan nyawa dengan touch up di saat kendaraan sedang melaju.

2. Memakai hak stiletto
Bagaimanapun juga, meskipun stiletto sangat cantik dan sexy high heels ini bisa membawa Anda pada celaka di jalan raya. Haknya yang runcing sewaktu-waktu bisa saja tersangkut di karpet mobil atau pedal Anda. Begitu juga bagi Anda yang mengendarai motor. Hak tinggi tidak bisa membuat Anda menapak tanah dengan seimbang. Ini justru akan membahayakan Anda sendiri. Selain itu, apa Anda tega memakai stiletto cantik Anda dengan segala risiko cacat pada heels yang malah akan membuat Anda menyesal? Jika Anda ngotot menggunakan high heels, wedges adalah pilihan yang lebih "aman" daripada stiletto meski juga memiliki risiko berbahaya. Atau lebih aman lagi jika Anda membawa sandal flat sebagai ganti di saat menyetir.

3. Mengetik sms atau telpon
Ponsel juga merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan mobil dan motor. Jangan khawatir pacar Anda marah atau ngambek karena Anda tidak membalas smsnya. Katakan saja Anda sedang di jalan, dan dia pasti akan mengerti. Lebih baik jika dia menunggu sms Anda daripada dia harus menunggui Anda di rumah sakit bukan? Jika Anda memang harus mengangkat ponsel Anda, di jaman super canggih ini terdapat banyak inovasi seperti headset dan speaker phone. Anda bisa tetap bertelepon ria degan kedua tangan Anda tetap waspada mengemudikan kendaraan Anda.

4. Mengabaikan Spion
Wanita kebanyakan langsung belok memotong jalan tanpa toleh kanan kiri setelah menghidupkan lampu sein. Inilah yang menyebabkan mereka rawan tertabrak. Saya seorang perempuan dan saya juga mengendarai mobil. Seringkali saya juga jengkel dengan pengendara-pengendara lain yang seenaknya berbelok 3 detik setelah menghidupkan lampu sein. Jarak aman menghidupkan lampu sein dari tempat yang dituju adalah min. 10 meter. Ini memungkinkan pengendara lain di belakang, samping, dan depan Anda menangkap sinyal yang Anda berikan. Jangan lupa juga melihat kaca spion Anda atau ANda tak hanya mengundang bahaya kepada Anda, tetapi juga pengendara sekitar Anda.

5. Berhenti tiba-tiba
Banyak pengemudi perempuan yang tiba-tiba berhenti mendadak karena hal sepele. Ponsel yang jatuh lah, ikat rambut terselip, dll. Hal ini tentu sangat berbahaya, terutama jika keadaan lalu lintas sedang ramai dan Anda berhenti di jalur cepat. Anda bisa mengakibatkan kecelakaan beruntun.

Sebenarnya sebagai perempuan saya sedikit miris menulis daftar ini. Tidak semua pengemudi wanita melakukan hal-hal teledor ini, akan tetapi hal ini bisa saja juga terjadi pada Anda apapun jenis kelamin Anda. Lebih berhati-hatilah dalam berkendara dan jangan lakukan hal-hal aneh sepele yang bisa menuntun Anda kepada kecelakaan.Have a safe drive!
(kpl/meg)


KOMENTAR