ARTIKEL HANG OUT

Main asyik Bareng Keluarga di Komunitas Hong

Selasa, 8 Juli 2014 | Tag: Ramadhan, puasa, ngabuburit, jalan-jalan
Main asyik Bareng Keluarga di Komunitas Hong
Bermain kelereng (c)www.asiabusinessinfo.com

KapanLagi.com - Pada bulan puasa kali ini, Anda yang berada di Bandung bisa mengajak anak-anak Anda mengenal hal-hal tradisional sambil ngabuburit menunggu saat berbuka puasa. Anak-anak sekarang cenderung lebih memilih mainan modern atau yang berbau teknologi. Inilah saat yang tepat untuk memperkenalkan mereka kepada permainan tradisional yang telah ada sejak jaman nenek moyang terdahulu. Acara asyik menunggu berbuka sambil melestarikan budaya Indonesia.

Komunitas Hong yang berada di daerah Dago ini adalah sebuah komunitas yang fokus pada pengkajian dan sosialisasi mainan dan permainan rakyat. Didirikan oleh Zaini ALif, seorang pengajar di Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Bandung, yang juga seorang peneliti mainan tradisional. Datang ke sini Anda akan merasakan suasana nostalgia akan mainan jaman Anda kecil dulu. Ini membuat Komunitas Hong menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan bagi kegiatan ngabuburit Anda bersama keluarga.

Salah satu permainan tradisional (c)communitasunik.blogspot.com Salah satu permainan tradisional (c)communitasunik.blogspot.com

Kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Hong salah satunya membangun pusat-pusat kajian laboratorium bermain bagi anak-anak. Di antaranya Pekarangan Ulin yang menjadi pusat permainan dan sarana bermain dan pertunjukan permainan, Kampung Kolecer yang menjadi tempat pelatihan mainan dan permainan rakyat di Kampung Bolang, Desa Cibuluh, dan juga Museum Mainan Rakyat yang menyimpan koleksi mainan rakyat.

Komunitas Hong ini memiliki misi melestarikan budaya Indonesia lewat permainan-permainan tradisional dan berharap agar permainan "masa lalu" ini tetap terjaga eksistensinya. Festival Kolecer juga rutin diselenggarakan demi menunjang misi mereka memperkenalkan mainan dan permainan rakyat Indonesia. Tunjukkan kecintaan Anda akan kebudayaan Indonesia lewat Komunitas Hong ini. Ngabuburit seru sekaligus melestarikan budaya sendiri!
(kpl/meg)


KOMENTAR