ARTIKEL KESEHATAN

Lihat Kondisi Anda Lewat Telapak Tangan

Jumat, 4 Juli 2014 | Tag: kuku, tangan, telapak tangan, penyakit dalam, gejala, tanda
Lihat Kondisi Anda Lewat Telapak Tangan
(c)newzgrid.com

KapanLagi.com - Seperti kuku, tangan Anda khususnya telapak tangan bisa berfungsi sebagai radar dalam mendeteksi adanya penyakit di dalam tubuh Anda. Coba perhatikan telapak tangan Anda dan cocokkan dengan gejala di bawah ini.

Seringkali telapak tangan Anda berkeringat saat Anda cemas atau gugup. Hal ini juga terjadi pada telapak kaki Anda. Akan tetapi jika Anda sering berkeringat pada bagian-bagian ini tanpa ada penyebab yang jelas, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan kelenjar tiroid atau penyakit jantung.

Mengangkat beban berat, mencuci dengan tangan, atau memukul sesuatu dengan tangan seringkali membuat telapak tangan memerah. Masalah akan terjadi jika rona kemerahan itu tidak juga menghilang dalam waktu yang lama. Bisa jadi itu merupakan tanda eritema palmaris yang merupakan gejala penyakit hati. Selain itu telapak tangan kemerahan juga mengindikasi penyakit rheumatoid arthritis dan gangguan tiroid.

Sekarang coba perhatikan jari Anda. Jari manis pria cenderung lebih panjang dari jari telunjuknya, dan wanita memiliki kondisi yang berlawanan. Jika wanita memiliki panjang jari menyerupai pria, kemungkinan besar ia menderita osteoarthritis. Perhatikan pula jika jari Anda bengkak. Jika ini bertahan selama beberapa hari tanpa alasan yang jelas, bia jadi itu merupakan gejala hipotiroidisme yakni penurunan hormon tiroid yang mengatur sistem metabolisme.

Anda juga harus waspada jika kulit telapak tangan Anda mengering. Kondisi awal gangguan tiroid adalah hilangnya kelembaban kulit. Kondisi ini juga bisa mengindikasi adanya alergi atau gangguan sensitivitas kulit yang disebabkan produk kosmetik tertentu.
(kpl/meg)


KOMENTAR