ARTIKEL KULINER

Culture Cuisine Cooking, Sebuah Sejarah Yang Digambarkan Begitu Indah

Kamis, 26 Maret 2015 | Tag:
Culture Cuisine Cooking, Sebuah Sejarah Yang Digambarkan Begitu Indah
Penerbit Julien

KapanLagi.com - Apa yang Anda kenal dari sejarah kuliner kaum Peranakan? Mungkin belum banyak yang mengangkatnya sekaligus menerbitkannya dalam tiga bahasa. Anda bisa mendapatkannya lewat buku Culture Cuisine Cooking.



Buku dengan introduksi oleh Paul Freedman dan disain dari Irma Boom ini memang lebih dari sekadar buku masakan. Kombinasi resep tulisan tangan asli, foto-foto dan sejarah kaum Peranakan yang ada dalam buku Culture Cuisine Cooking membuatnya menjadi sebuah buku masakan yang sarat makna sejarah.

Ada rasa yang mencerminkan sebuah kenangan pada kelompok orang Indonesia keturunan Tionghoa, ada juga kenangan tentang sebuah tempat di Malang Jawa Timur. Yang tidak ketinggalan ada rentang kurung waktu abad ke-20 saat kuliner Peranakan berjaya bagi pecintanya.



Istimewanya lagi, di dalam buku tersebut ada lebih dari 80 resep masakan yang dikumpulkan selama beberapa dasawarsa oleh Go Pheek Thoo. Ia yang mempunyai nama panggilan Ietje lahir tahun 1911 dalam sebuah keluarga Tionghoa yang sudah menetap di Jawa sejak awal abad ke-19. Sejumlah catatan awal dalam buku resep masakan ini berasal dari tahun 1930an. Nyonya Go tak pernah lupa membawanya hingga wafat di negeri Belanda tahun 2000 silam.

Oleh karena itu tidak heran buku ini menarik perhatian dunia kuliner sekaligus sejarawan untuk mengerti tentang seluk beluk dapur langka di dalamnya. Di hampir setiap resep ada perhatian penuh terhadap konteks budaya dan resepnya yang dikumpulkan oleh Fadly Rahman. Juga sebuah paparan sejarah Tionghoa di Indonesia yang dijelaskan secara panjang lebar oleh Profesor Paul Freedman.

Sementara resep tulisan tangan Nyonya Go dan wanita Peranakan lainnya dipilih dan dikumpulkan oleh putrinya Koo Siu Ling. Meskipun kaum Peranakan kini telah tersebar di seluruh dunia, resep tulisan tangan mereka akan tersimpan rapi dalam buku Culture Cuisine Cooking dan tidak akan punah menghilang bersama perkembangan jaman.

 
(kpl/aik)


KOMENTAR