ARTIKEL KULINER

Selain Loenpia, Kuliner Khas Kota Semarang Ini Wajib Dicoba

Senin, 7 Desember 2015 | Tag:
Selain Loenpia, Kuliner Khas Kota Semarang Ini Wajib Dicoba
Lumpia Semarang © shutterstock.com

KapanLagi.com - Semarang, kota yang dijuluki sebagai kota ATLAS atau akronim dari Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat ini menyimpan banyak kuliner yang siap menyambut traveler ke kotanya. Memang, berkunjung ke satu daerah belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner lezatnya, bukan?

Loenpia adalah makanan khas yang biasa dituju di destinasi ini. Namun bukan hanya loenpia yang layak menjadi jujugan, daftar kuliner berikut ini adalah daftar dari Hesa Dhiaokto Hasabi yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Semarang.

Tahu Gimbal

© dapurablett.wordpress.com© dapurablett.wordpress.com


Seperti lumpia, Tahu Gimbal asal Semarang kaya isian dan rasanya. Terdiri dari tahu goreng, irisan kol, lontong, tauge, telur  dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) lalu disiram dengan bumbu kacang yang khas karena dicampur dengan petis udang. Berbeda dengan bumbu kacang yang digunakan pada ketoprak khas Jakarta,  bumbu kacang yang digunakan pada tahu gimbal agak sedikit encer.

Perpaduan rasa manis, pedas dan gurih yang pas dijamin akan menggugah selera makan sehingga ingin menambah lagi dan lagi. Di Semarang, penjual tahu gimbal dapat ditemukan di banyak tempat. Mulai dari sekitar Jalan Pahlawan, Taman KB  hingga Simpang Lima yang biasanya berjualan pada malam hari. Tenang, hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000,- untuk merasakan lezatnya tahu gimbal.

Tahu Petis

© http://seputarsemarang.com© http://seputarsemarang.com


Masih seputar tahu, kuliner khas Semarang yang wajib diburu selanjutnya adalah tahu petis. Istimewanya tahu petis di Semarang terletak pada bumbu petisnya yang dimasak dengan bumbu rahasia. Tahu yang digunakan merupakan tahu pong, hanya saja tahu ini di goreng dengan hanya dibumbui dengan larutan garam dan sedikit bawang putih sebelum di goreng sehingga terasa lebih gurih dari tahu daerah lainnya. Tambahkan irisan cabe rawit agar lebih lahap dalam mengudap tahu petisnya.

Lekker Paimo

© https://twitter.com/rintadita© https://twitter.com/rintadita


Melengkapi kunjungan ke kota Semarang, Lekker Paimo ini wajib dicoba. Lekker merupakan bentuk yang lebih sederhana dari crepes yang biasanya ada di pusat perbelanjaan. Kulit lekker terbuat dari campuran air, tepung, gula dan telur. Yang berbeda dari Lekker Paimo adalah variasi rasa yang sangat beragam. Ia berani berkreasi dengan variasi rasa telur, sosis, karamel bahkan tuna. Menarik bukan?

Wingko Babad

© http://hellosemarang.com© http://hellosemarang.com


Saat bertolak menuju daerah asal, jangan lupa membawa Wingko Babad sebagai buah tangan untuk sanak saudara. Camilan yang terbuat dari kelapa muda,  tepung beras ketan, dan gula ini cocok dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang khas. Saat ini, wingko di Semarang telah dikembangkan dengan berbagai rasa seperti, nangka, nanas, cokelat dan lain lain sehingga lebih menggoda untuk dibawa pulang.

Loenpia

© http://www.banyumurti.net/© http://www.banyumurti.net/


Nah ini dia ikon kota Semarang yang digemari berbagai kalangan. Isian rebung, telur, serta kuah khasnya ini sangat banyak dijumpai di berbagai pelosok kota Semarang. Namun yang telah melegenda ada di Jalan Pemuda, namanya "Loenpia Semarang Mbak Lien" tepatnya berada pada gang Grajen. Cita rasa yang lezat antara rebung, telur dan isian yang menghasilkan rasa asin, gurih dan sedikit manis yang dipadukan dengan irisan cabai rawit ini dijamin dapat membuat kunjungan ke Semarang jadi lebih kaya.

Ada makanan khas Semarang lagi yang pantas dimasukkan dalam daftar ini? Mari tuliskan di dalam kolom komentar untuk ditambahkan.
(kpl/hes/aik)


KOMENTAR