Indonesian Cultural Dining Series: Episode Bapang Jayasentika


Selasa, 12 Desember 2017 15:43
Indonesian Cultural Dining Series: Episode Bapang Jayasentika
Bapang Jayasentika

Nikmati sensasi makan malam tak terlupakan dengan sajian kesenian tradisional Indonesia di Hotel Tugu Malang. Kali ini, Hotel Tugu Malang kembali menghadirkan Indonesian Cultural Dining Series ke 29 yang digelar setiap bulan pada tanggal 15 dengan menampilkan kesenian daerah yang selalu berbeda setiap bulannya.

Indonesian Cultural Dining Series ke 29 kali ini mengangkat seni tari daerah khas Malang, yang berjudul Tari Topeng Bapang Jayasentika. Sebuah tari topeng yang khusus ditampilkan untuk menyambut dan menghibur tamu-tamu yang datang ke Malang.

Tarian Bapang merupakan tarian yang menggambarkan karakter kokoh, yang ditandai dengan gerakan tangan yang lebar - peregangan kaki kiri dan kanan, dengan menggunakan topeng yang memiliki mata lebar yang disebut "telengan". Ciri khas dari bentuk topeng Bapang adalah hidungnya yang panjang.



Tarian ini melambangkan perjalanan seorang tokoh bernama Bapang Jayasentika yang lari dari seorang dukun bernama Banjarpatoman yang akan menghadapi Prana Sewandana. Dari gerakan dan cerita yang disajikan dapat diambil cerminan dari karakter Bapang, tokoh yang penuh dengan rasa bangga akan dirinya. Semuanya terlihat dalam sikap dan gerak tubuh sang penari yang menonjolkan dada dan lengan, serta gerakan penuh energi pada awal tarian.

Pertunjukan tarian klasik tradisional ini akan digelar di ruang Tirtagangga di Hotel Tugu Malang; ruang perjamuan yang sangat elegan terinspirasi oleh zaman eksotis sejarah Jalan Sutra dan Rempah-Rempah India, Arab, Cina dan Mongolia. Catat tanggalnya, 15 Desember 2017 dan reservasi tempatmu segera.

Lalu, jangan sampai ketinggalan Indonesian Cultural Dining Series episode selanjutnya hanya di Hotel Tugu Malang.
(cg/aik)


EVENT TERKAIT
LATEST UPDATE