Sinergi Muda: Saling Mengenal dan Menghubungkan, Saling Mewujudkan


Tanggal: Rabu, 19 Desember 2012
Sinergi Muda: Saling Mengenal dan Menghubungkan, Saling Mewujudkan
Perkumpulan Sinergi Indonesia Muda (Sinergi Muda)

Memiliki sekitar 40 juta anak muda berusia produktif (15-24 tahun), Indonesia jelas mempunyai modal utama yang menjanjikan terwujudnya perubahan positif bagi bangsa ini. Untuk mencapai mimpi yang besar, anak muda sebagai generasi penerus bangsa, dituntut memiliki semangat dan cita-cita yang tidak harus sama, namun mulia.
 
Untuk itulah Perkumpulan Sinergi Indonesia Muda (Sinergi Muda) hadir sebagai tempat bagi anak muda berkontribusi secara positif untuk Indonesia dengan mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing. Lewat program-program yang diusung, Sinergi Muda berharap dapat memperkenalkan anak muda dengan isu sekitar yang sesuai dengan minat mereka. Sinergi Muda juga berusaha menghubungkan anak muda dengan pihak yang dapat bersinergi dengan minat mereka. Sehingga lebih jauh lagi, anak muda dapat mewujudkan ide perubahan positifnya untuk Indonesia.


 
Demi mencapai mimpi dan harapan tersebut, Sinergi Muda sebagai sebuah badan perkumpulan akan membuat dan menyelenggarakan program-program pilihan yang telah dirumuskan sesuai dengan visi dan misi. Salah satu program utama Sinergi Muda adalah kegiatan tahunan Indonesian Youth Conference (IYC).

Dengan konsep yang terus berkembang setiap tahunnya, IYC akan selalu memberikan inspirasi lewat konsep acara Forum & Festival yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010. Kesuksesan IYC inilah yang mendorong para penggagasnya untuk membentuk SInergi Muda. Selain IYC sebagai program utama, Sinergi Muda juga akan membuat program-program baru, salah satunya Ngobrolin Ide (Ngode). Ngode merupakan bentuk keinginan Sinergi Muda melibatkan anak muda lewat diskusi publik yang akan dilakukan secara rutin. Ngode dibuat sebagai bentuk pengembangan wawasan anak muda terhadap suatu isu yang dirasa penting bagi Sinergi Muda sebagai bekal menghadapi dunia luar. Semua program SInergi Muda akan dikemas sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan hidup anak muda Indonesia. Sehingga, "changing the world can be fun".
 
"Sinergi Muda bercita-cita untuk bisa menjadi jembatan yang menghubungkan sedemikian banyak komunitas dan gerakan yang dimotori oleh anak muda Indonesia. Kami berharap dengan diselenggarakannya peluncuran Sinergi Muda, Indonesian Youth Conference, Ngode, dan program-program lainnya, cita-cita ini bisa kita raih bersama-sama," jelas Alanda Kariza, salah satu Dewan Pengawas Sinergi Muda.


 
Pada 16 Desember 2012, Sinergi Muda secara resmi hadir di hadapan publik untuk memperkenalkan lebih lanjut mengenai badan perkumpulan ini beserta program-program yang akan diselenggarakan. Launching yang diadakan di Comma Indonesia ini diawali dengan konferensi pers yang dibawakan oleh Ketua Perkumpulan Sinergi Muda, Agrita Widiasari, dan perwakilan Dewan Pengawas Sinergi Muda, Alanda Kariza.

"Tidak perlu menunggu untuk menjadi orang hebat untuk melakukan perubahan positif untuk Indonesia. Saya, kamu, kita semua bisa melakukan perubahan melalui bidang yang masing-masing kita minati," tutur Agrita Widiasari menjelaskan pentingnya anak muda mengembangkan potensi anak muda demi kemajuan bangsa. Kegiatan launching kemudian berlanjut dengan "Ngobrolin Ide (Ngode) vol. 1" dengan tema "Youth & Passion". Seri pertama dari program baru Sinergi Muda ini mengundang Diana Rikasari (Fashion Blogger) dan Andri RHARHARHA (Street Artist) untuk berbagi pengalaman mereka mencapai mimpi lewat hal yang diminati.


 
Dukungan dari siapa saja yang merasa #MasihMuda adalah titik awal bagi kami bersinergi untuk kenal, terhubung, dan wujudkan!

(kpl/prl/boo)
PHOTOSHOT
Dapur YamYum By Simplisio-Bandung
Dapur YamYum By Simplisio
Ini dia tom yam dengan cita rasa Indonesia. Ada tempe kriuknya!